Sabtu, 07 Maret 2009

Pemandian Air Panas Pilihan Wisata Yang Menyehatkan

Air Panas Pinang Awan

Tak semua daerah memiliki objek wisata pemandian air panas yang masih alami. Salah satu pilihan tujuan wisata pemandian air panas ini, bisa anda jumpai bila berkunjung ke Kabupaten Solok Selatan.

Jauhnya jarak tempuh dan topografi daerah yang bergunung mungkin sementara waktu akan cukup melelahkan. Namun tawaran keasrian alam dan banyaknya pilihan wisata petualangan alam pasti akan memberikan sensasi tersendiri bila anda mau mencobanya. Apalagi anda tidak musti merogoh saku terlalu dalam untuk dapat mencapai lokasi objek wisata di daerah ini.

Petualangan untuk mencapai lokasi pemandian air panas, sebaiknya dilakukan pagi hari, karena suhu air pada pagi hari sangat pas untuk tubuh. Karena menjelang sampai kelokasi anda akan merasakan sensasi dingin kawasan pegunungan.

Objek wisata pemandian air panas yang pertama dapat dikunjungi adalah pemandian air panas Pinang Awan yang terletak kurang lebih 12 km dari penginapan Umi Kalsum. Jika anda membutuhkan motor sewaan untuk mengunjungi lokasi, anda bisa menyewa motor yang biasanya jadi “ojek” melalui karyawan Umi Kalsum. Dengan uang Rp. 20.000,- Rp. 50.000,- anda bisa bebas membawa motor setengah sampai satu hari penuh tergantung kesepakatan yang anda buat.

Sepanjang perjalanan menuju lokasi, deretan perbukitan dan aliran sungai menjadi pemandangan yang menarik di pagi hari. Untuk mencapai kolam pemandian yang juga merupakan lokasi PLTD, anda akan menjumpai puluhan anak tangga yang harus didaki.
Sesampai di kolam rasa letih dijamin akan hilang, kolam air panas yang di pagar tembok membentang seluas kurang lebih 10 x 12 meter dengan kedalaman yang berbeda meskipun berada dalam satu kolam. Kedalaman kolam dibagi karena diharapkan dapat pula menjadi tempat bagi anak-anak atau pengunjung yang tidak pandai berenang. Dengan suhu air pada pagi hari sekitar 25 derajat celcius. Sensasi air panas yang mengandung belerang akan dapat anda rasakan sangat berbeda setelah suhu dingin diperjalanan terasa menusuk.

Air panas dengan kadar belerang diyakini dapat menyembuhkan penyakit kulit, selain itu air panas pegunungan juga dapat menjadi tempat terapi penyakit dalam seperti gula, darah tinggi dan sebagainya. Tak cukup air panas jika anda juga ingin menikmati air sungai yang dingin dilokasi itu juga terdapat saluran air sungai yang dipergunakan sebagai sumber PLTD. Jika ingin menyusuri saluran PLTD hingga ke sumber sungainya maka, wisata petualangan di lokasi ini dapat pula menjadi pilihan. Dengan lokasi hutan yang masih alami, aroma pegunungan akan sangat kuat tercium. Sementara desiran air sungai sayup-sayup terdengar ditingkahi suara serangga hutan atau burung.

Tak hanya cukup disitu. Tak jauh dari lokasi pemandian air panas dan masih di Pinang Awan. Anda dapat mencicipi telur atau pisang rebus yang langsung dimasak didalam air panas. Jika tak cukup dengan petualangan pertama, maka tak ada salahnya jika anda mencoba petualangan kedua ini. Untuk mencapai lokasi yang berjarak sekitar 2 km, anda akan menempuh jalan yang telah dikerasi oleh koral dan melewati kawasan kebun karet, kopi dan kulit manis milik penduduk setempat. Setelah melewati kawasan tersebut anda akan menjumpai sumber air panas dengan suhu lebih dari 100 derajat celcius. Air panas yang dinamakan Sapan Maluluang, memiliki kadar belerang yang sangat tinggi. Aroma belerang yang sangat kuat dapat tercium melalui uap yang muncul dari gelegak air panas tersebut.

Dilokasi ini anda dapat menikmati telur atau pisang rebus dengan tidak menunggu terlalu lama. Tingginya suhu air akan cepat mematangkan telur atau pisang bila dimasukkan ke dalam air panas.
(YUSHENDRA HS)

by padangtoday.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar